belajar - An Overview

Wiki Article

Motivasi dapat bersifat inner, yaitu motivasi yang berasal dari dalam diri peserta didik dan juga eksternal baik dari guru, orang tua, teman dan sebagainya.

Ciri-ciri perubahan tingkah laku dalam pengertian belajar: 1).Perubahan terjadi secara sadar Ini berarti bahwa seseorang yang belajar akan menyadari terjadinya perubahan itu atau sekurang-kurangnya ia merasakan telah terjadi adanya suatu perubahan dalam dirinya.

Insentif dan hadiah substance kadang-kadang berguna dalam situasi kelas, memang ada bahayanya bila anak bekerja karena ingin mendapat hadiah dan bukan karena memang ingin belajar.

Banyak teori dan prinsip belajar yang dikemukakan oleh para ahli . prinsip dan teori tersebut antara yang satu dengan yang lain memiliki persamaan namun juga ada perbedaan. Dari berbagai prinsip belajar tersebut terdapat beberapa prinsip yang relatif berlaku umum yang dapat kita pakai sebagai dasar dalam upaya pembelajarn, baik bagi siswa yang perlu meningkatkan upaya belajarnya maupun bagi Expert dalam upaya meningkatkan metode mengajarnya. Prinsip-prinsip tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini : 1. Prinsip Perhatian dan Motivasi

sunting sumber]

Syah (2008) : Belajar merupakan tahap perubahan perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor yang terjadi dalam diri siswa. Perubahan tersebut bersifat positif dalam arti berorientasi ke arah yang lebih maju dari pada keadaan sebelumnya.

Misalnya, siswa yang menyukai pelajaran matematika akan merasa senang belajar matematika dan terdorong untuk belajar lebih giat, karenanya adalah kewajiban bagi Expert untuk bisa menanamkan sikap positif pada diri siswa terhadap mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.

Menurut teori kognitif, belajar menunjukkan adanya jiwa yang aktif, jiwa mengolah informasi yang kita terima, tidak hanya menyimpan saja tanpa mengadakan tansformasi.

Menurut M. Sobry Sutikno, pengertian belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang dalam mendapatkan suatu perubahan yang kemudian baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Asumsi yang mendasari teori ini adalah bahwa pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam perkembangan. Perkembangan merupakan hasil kumulatif dari pembelajaran. Menurut Gagne bahwa dalam pembelajaran terjadi proses penerimaan informasi, untuk kemudian diolah sehingga menghasilkan keluaran dalam bentuk hasil belajar. Dalam pemrosesan informasi terjadi adanya interaksi antara kondisi-kondisi inside dan kondisi-kondisi eksternal individu. Kondisi internal yaitu keadaan dalam diri individu yang diperlukan untuk mencapai hasil belajar dan proses kognitif yang terjadi dalam individu.

Siapkan hadiah menarik untuk memotivasi diri, misalnya: membeli barang mahal atau bersenang-senang jika Anda berhasil memperoleh peningkatan nilai yang signifikan atau meraih nilai A+.

Tentukan target belajar yang mudah tercapai. Contohnya: biasakan mencatat materi yang sedang belajar dijelaskan. Setelah satu minggu, tulislah esai berdasarkan materi yang Anda pelajari. Sebelum mempelajari topik baru, tulislah beberapa pertanyaan terkait topik tersebut.

Jumlah tersebut tergolong lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang tes di pagi harinya dan melakukan kegiatan belajar di malam hari tanpa menyempatkan tidur diantaranya.

Sisihkan waktu untuk meringkas materi yang baru saja dijelaskan di kelas menggunakan buku catatan kecil. Tulislah one-two kalimat untuk dibaca lagi supaya Anda lebih mudah menghafal materi yang baru diajarkan.

Report this wiki page